TENTANG KAMI

Logo Peta Hijau - Indonesia

Blog ini adalah simpul komunikasi dan informasi untuk jaringan-jaringan komunitas pemeta hijau di seluruh Indonesia. Selain diarahkan menjadi titik hubung komunikasi dan informasi antar komunitas peta hijau ataupun lembaga lain yang menjadi rekanan, materi-materi dalam website ini diharapkan dapat membantu inisiatif-inisiatif lokal untuk membangun jaringan peta hijau baru di lingkungannya. Untuk masa mendatang, blog ini akan dialihkan kembali ke alamat yang dikembangkan untuk memfasilitasi tumbuhnya jaringan online di masing-masing daerah yang telah mengembangkan peta hijau.

Logo Green Map System

Green Map adalah peta yang dibuat oleh komunitas lokal yang memetakan potensi alam dan budaya suatu kawasan. Dengan menggunakan metode yang mudah diadaptasi serta konsep ikon Green Map sebagai bahasa visual global untuk menyoroti sumberdaya-sumberdaya kehidupan, Green Map mengelola partisipasi masyarakat lokal dan keberlanjutannya di ratusan tempat di seluruh dunia. Green Map memetakan segala tempat dan fenomena, baik yang bernilai positif maupun negatif dan bertujuan untuk membantu masyarakat melihat, menilai, menghubungkan, serta peduli terhadap lingkungan tempat mereka berada.

 

Green Map System sebagai sebuah gerakan budaya dan lingkungan memiliki sifat langsung, demokratis, bersumber pada pengetahuan lokal, serta bertanggung jawab. Setiap kelompok atau komunitas pemeta hijau dikoordinasikan oleh individu-individu yang memiliki komitmen, pengetahuan, kemampuan berjejaring, semangat, dan kreativitas dalam membangun suatu inisiatif bersama. Anda diundang sebagai relawan untuk menjadi pelopor dan koordinator tim Green Map di komunitas atau lingkungan Anda. Bergabunglah dan buatlah sebuah kontribusi besar bagi keberlanjutan budaya dan lingkungan tempat Anda berada!

 

Setiap calon pemeta hijau wajib membaca seluruh syarat dan kemudian menghubungi sekretariat Green Map System (GMS). Seluruh koordinasi setiap proyek dilakukan secara langsung oleh setiap tim dengan GMS. Peta Hijau sebagai jaringan nasional hanya berperan sebagai forum komunikasi dan informasi antar komunitas Green Map di Indonesia.

Simak syarat selengkapnya di http://greenmap.org/greenhouse/participate
Link pendaftaran pada http://greenmap.org/greenhouse/participate/register

Informasi lebih lanjut hubungi alamat di bawah ini:
e-mail: info@greenmap.org (diutamakan)
Telepon: +1 212 674 1631
Faksimili: +1 212 674 6206

Green Map System
PO Box 249
New York, NY 10002
USA

Kantor Jaringan Internasional kami:
220A East 4th Street
New York, NY 10009
USA

Alamat surat tetap kami:
Green Map System
PO Box 249
New York, NY 10002-0249
USA

Klik di sini untuk petunjuk arah

GREEN MAPS AROUND THE WORLD

Greenhouse

 

 

 

32 Tanggapan to “TENTANG KAMI”

  1. ismail Says:

    hi..
    saya telah membuka situs ini. Setelah saya baca tertarik untuk bergabung dengan green map. Saya ingin menanyakan bagaimana caranya agar bisa bergabung. terima kasih atas perhatiaannya.

    chokies

  2. Peta Hijau Says:

    @ Ismail

    Anda sendiri tinggal di kota atau daerah mana? Jika di daerah Anda sudah ada kelompok pegiat Green Map, Anda bisa bertemu mereka untuk mengetahui how to green map making. Jika belum ada kelompok pegiat Green Map di daerah Anda dan Anda berminat mengembangkannya, jaringan Peta Hijau Indonesia akan membantu.
    Tetap kontak,

    Elanto Wijoyono

  3. DiAH Says:

    Salam :)

    Salut buat Jaringan Komunitas Peta Hijau Indonesia (Green Map Indonesia)…

    Bagaimana dengan kawasan Ragunan ? Saya mau dunk bergabung dengan kelompok pegiat Green Map…

    Apa ada yang sedang dalam proses green mapping di sekitar Jakarta Selatan ?

    Keep up d green work !

    Thx

  4. ita Says:

    selamat pagi
    saya mau tanya kalau lokasi pt green planet indonesia di sulawesi -soroako

    terimakasih

  5. arios Says:

    Met siang,

    Mohon info cara partisipasinya da milisnya kalu ada…
    saya tunggu infonya..terima kasih

    salam

  6. petahijau Says:

    @ Ita
    maaf, kebetulan kita tidak/belum pernah berhubungan dengan pt green planet. So, tidak tahu di mana lokasinya :)

    @ Arios
    Ada beberapa cara berpartisipasi:
    – Ikuti milis green map dan sumbangkan ide-ide segar (greenmapindonesia@yahoogroups.com)!
    – Cari tahu apakah di kota/daerahmu sudah ada project green mapmaking! Coba untuk bergabung dalam project tsb. Pada dasarnya semua orang bisa gabung karena project greenmap adalah project berbasis relawan.
    – Jika belum ada project Green Map di daerahmu, bisa bikin project Green Map sendiri. Project tsb bisa dilakukan oleh siapa saja, baik bersama lembaga formal, lembaga nonformal, maupun perorangan. Jika tertarik, kami akan bantu memfasilitasi prosesnya.

    Trms

    Elanto Wijoyono

  7. Ibnu Andrian Says:

    Setelah mengunjungi situs ini, saya sangat tertarik untuk bergabung. Saya sendiri tinggal di kota Jambi yang kebetulan belum belum ada kelompok pegiat Green Map. Saya bersama beberapa rekan di daerah saya berniat membangun kelompok penggiat Green Map. Saya dan beberapa rekan selama ini adalah penggiat-penggiat yang konsens melakukan kegiatan pemetaan wilayah dan sumberdaya alam lokal dengan pendekatan partisipatif di Propinsi Jambi. Saya ingin menanyakan bagaimana caranya agar bisa bergabung dan prosedural membangun kelompok penggiat Green Map di tempat kami. Terima kasih atas perhatiannya.

  8. adit Says:

    Blog yang menarik dan concern atas kelestarian lingkungan alam tempat kita berteduh di planet. Ikut ngelink ya mas. Mau tanya alamat e-mail pengelola situs di mana? terima kasih.

  9. petahijau Says:

    @ adit

    Silakan berkomunikasi ke alamat e-mail petahijau@yahoo.co.id. Situs blog ini dikelola bersama oleh jaringan komunitas Green Map se Indonesia. Kebetulan saat ini koordinasinya ada di temen-temen Yogya. Alamat kontak lengkap ada di halaman Kontak. Kami tunggu masukan, ide, dan partisipasi Bapak.

    Salam,

    Elanto Wijoyono

  10. aji Says:

    salam buat semua saya dukung gerakan ini …..di kota cimahi west bandung sudah ada apa belom ya, kalo sudah ada saya mau daftar, kalo belum saya mau merintis gerakan yg sangat manusiawi ini ….saran cantumkan di blog ini koordinator di masing masing kota dan kabupaten untuk lebih memudahkan koordinasi

  11. petahijau Says:

    @ aji

    Kebetulan belum ada Green Map Cimahi. Anda bisa jadi pelopornya. Saat ini jaringan Green Map System sedang memperbarui prosedur pendaftaran proyek Green Map. Proyek-proyek baru bisa didaftarkan mulai Juni 2007. Sembari menunggu, kita bisa intensifkan diskusi pendahuluan ttg Green Map terlebih dahulu.

    Data kontak per daerah ada di Halaman KONTAK (http://petahijau.wordpress.com/kontak/)
    Silakan hubungi kontak wilayah Bandung untuk membantu Anda merintis gerakan Green Map di Cimahi.

    Salam,

    Elanto Wijoyono

  12. roni Says:

    Secara kebetulan saya mengunjungi situs ini, saya merasa sangat tertarik untuk bergabung, kayaknya belum ada di kontak untuk Pasuruan, gimana cara gabungnya

  13. heri Says:

    Semoga Jogjaku semakin hijau yak…

  14. mefta Says:

    kadang kita tinggal di suatu daerah, tapi kita tidak mnegnanya dengan baik…so -greenmap- membuat Qt menjaganya karena Qt mengenalnya….mohon ifo lebih jauh tentang greenmap Indonesia (terutma community makassar)….

  15. elanto wijoyono Says:

    Kontak temen-temen pegiat Green Map di Makassar ada di halaman kontak. Mefta bisa hubungi mereka langsung. Ada rencana membuat Green Map Makassar sejak tahun lalu, tetapi masih belum bisa terlaksana. Mungkin Mefta bs bantu.. ^^

  16. Faris Says:

    Salam Green,

    Saya Salman Farisi Domisili Balikpapan, sangat interes dengan Green Map dan berminat untuk bergabung, kebetulan di Kota saya komunitasnya belum ada.

    Salam,

    email: slm_frz@yahoo.com
    Hp. 0811546649

  17. Faris Says:

    alam Green,

    Saya Salman Farisi Domisili Balikpapan, sangat interes dengan Green Map dan berminat untuk bergabung, kebetulan di Kota saya komunitasnya belum ada. O ya, bagaimana caranya supaya saya bisa bergabung segera dengan komunitas Peta Hijau.

    Bravo!!!

    Salam sukses selalu,

    email: slm_frz@yahoo.com
    Hp. 0811546649

  18. petahijau Says:

    Dear Salman

    Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke Green Map System, bisa dilakukan secara online melalui http://www.greenmap.org lalu masuk ke Menu “Become a mapmaker” (http://www.greenmap.org/greenhouse/en/participate)
    Anda akan mendapatkan izin mengembangkan Green Map jika di daerah Anda belum ada proyek Green Map.
    Tolong kabari kami jika Anda sudah mendaftarkan diri agar kami bisa membantu memberikan rekomendasi ke Green Map System. Jaringan Green Map Indonesia dengan senang hati akan membantu proses pengenalan metode peta hijau nantinya.

    Salam,

    Elanto Wijoyono
    PETA HIJAU

  19. nisa Says:

    keren pelatihan greenmap wktu di bandung,,
    jdi tertarik mempelajari lebih dlm tentang greenmap

  20. jarot Says:

    Saya jarot tinggal di Bekasi, sangat tertarik untuk menjadi bagian dari komunitas greenmap. Tata Ruang Wilayah di bekasi sangat kacau dan sudah sangat jarang daerah hijau untuk itu sangat perlu dikembangkan komunitas greenmap di Bekasi. Kalau di Bekasi belum ada komunitas greenmap saya bersedia menjadi pelopornya.
    Terimakasih.

  21. Jakarta (wild monkeys and friends) « Jakarta - Indonesia - Urbanblog Says:

    [...] are few green spaces in this city. My Green Map of Jakarta lists only 38 sites. Most are small fragments of parks of just a hectare or two or less or they are [...]

  22. fuad hasan Says:

    Mau nanya….kalo dPropinsi Banten(kota cilegon dan kota serang) komunitas Green Mapnya sudah ada? sepengetahuan saya kayanya belum tuh. kalo mau berpartisipasi membuat green map kota bagaimana/langkah pertama yang mesti dilakukan terlebih dahulu apa?

    tmks
    Fuad Hasan

  23. andri Says:

    Saya tinggal dipalopo sulawesi selatan,sy juga baru kenal situs ini, dari search engine..sy tertarik dengan content situs ini, so kalo boleh saya juga bisa nimbrung..

  24. mean_maggot Says:

    great, im so interested. Gimana cara gabungny? persyaratan ny apa aja? Apa sdh ada green map d jogja?

  25. elanto wijoyono Says:

    Situs Peta Hijau terbaru telah dialihkan ke alamat http://greenmap.or.id

    Salam,

  26. Mursalin Ibrahim Says:

    mohon Informasinya..karana saya sangat tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan Green Map ni…saya putra daeran NTT..n sekarang saya berada di Kupang…sangat ingin mengisi kekosongan..mohon di pandu bagaimana jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini..bisa langsung ke e-mail saya : briant_sobat@yahoo.com

  27. stop dreaming Says:

    salut dngan kegiatan kalian

  28. andica gusman Says:

    saya mau nanya,apa masih ada proyek lg buat di duri

  29. christine Gunadi Says:

    dear, Greenmap… saya kebetulan dari sebuah brand yang peduli dengan kelestarian lingkungan, sesaat lagi akan ada sebuah acara nasional besar, dimana kami ingin mengundang komunitas green map untuk ikut serta dalam kegiatan ini, mungkin kegiatan ini dapat menjadi wadah komunikasi antar anggota yang peduli lingkungan, mohon contact ke saya, dengan christine GUnadi

  30. tommy veronisya Says:

    gw dah lama denger tentang greenmap,tahun 2005 Bpk. Eko alvarez (dosen gw) bersama timnya, lagi garap greenmap kota bukittinggi(sumaterabarat). Sekarang gw kerja di batam dan ingin gabung, gw mo nanya?
    1. apa dikota batam udah ada komunitas greenmap?
    2. kalo bikin greenmap gimana prosedurnya, apakah harus ada komunitas dulu?
    3. sebelumnya gw dah daftar di opengreenmap.org, apa id gw otomatis bisa dipake di indonesia?
    thanks…

  31. Gunawan Says:

    Saya ingin berkontribusi…
    Lokasi saya di Yogyakarta


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: