Green Map System

Green Map System adalah sebuah gerakan eko-kultural global (http://www.greenmap.org) yang berdasarkan kepada gerakan-gerakan komunitas lokal serta pengetahuan dan kearifan lokal. Pemetaan lingkungan dalam kerangka kerja yang bersifat global ini dikembangkan dengan sebuah metode yang sangat mudah disesuaikan di tingkat lokal. Metode ini melibatkan kelompok-kelompok kerja dengan anggota yang berasal dari berbagai latar belakang untuk menjelaskan hubungan antara lingkungan alam dan budaya dengan memetakan suatu kawasan lokal. Di samping penggunaan ikon-ikon Green Map – yakni satu set ikon yang dirancang bersama yang melambangkan berbagai macam titik-titik hijau dan sumberdaya budaya – sebagai bahasa visual standard global, para pemeta tetap memiliki kebebasan untuk membuat ikon-ikon baru yang mencerminkan situasi dan kebutuhan lokal tempat yang dipetakan.

Green Map System sebagai sebuah jaringan nirlaba global dikembangkan pada tahun 1995 oleh Wendy Brawer, seorang wanita aktivis lingkungan dan desainer dari New York, Amerika Serikat. Embrio sistem ini adalah Green Apple Map (1992), sebuah peta hijau yang mencoba mengungkap komponen budaya dan lingkungan kota New York. Sambutan hangat New Yorker memompa semangat Wendy untuk menciptakan suatu pendekatan sistematis yang membuat setiap peta hijau dapat dimanfaatkan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Dia lantas menggagas sebuah sistem penanda (ikon) standar yang merepresentasikan nilai-nilai tertentu dari suatu tempat dalam sebuah peta hijau. Sistem ikon inilah yang kemudian menjadi “bahasa” global yang menyatukan inisiatif-inisiatif lokal di seluruh dunia.

GMS bekerjasama dengan O2, organisasi eko-desain dan pemograman internet, sehingga Green Map dengan cepat menyebar ke ratusan tempat di dunia. Pada tahun 2000 organisasi ini resmi terdaftar sebagai an official US non-profit 501c3 organization. Hingga Desember 2005 tercatat telah berlangsung sebanyak 326 proyek Green Map di 46 negara. Hingga kurun waktu tersebut telah terbit sebanyak 224 Green Map yang 156 diantaranya berupa Green Map cetak dan 65 merupakan Green Map berbasis internet.

Dewan Green Map System
Presiden : Carter Craft (Direktur Metropolitan Waterfront Alliance)
Wakil Presiden : DK Holland (Direktur DK Holland LLC)
Bendahara : Jamie P. Cloud (Direktur Eksekutif Cloud Institute for Sustainability Education)
Sekretaris : Wendy E. Brawer (Direktur Green Map System)
Anggota : Joshua Arnow (Presiden Buckminster Fuller Institute)
Sara S. Tucker (Direktur Media Digital Dia Center)

Ditulis dalam +GMS. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Green Map System”

  1. peter gilet Says:

    dear green map,
    i am looking for a detailed map of sawahlunto, about an inch to the mile. I live here and it is impossible to get such a map fromthe local authorities.
    peter gilet
    avi volunteer, sawahlunto.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: