Sistem Ikon Green Map

Sistem ikon Green Map adalah inti dari program global Green Map. Green Map System Icons adalah bahasa visual yang didesain bersama (kolaboratif) untuk mengidentifikasi, menaruh perhatian, dan menghubungkan antara sumberdaya-sumberdaya alam dan budaya di setiap Green Map.

Ikon-ikon Green Map bersifat standard dan global, yaitu sejumlah 125 ikon. Ikon-ikon tersebut membuat Green Map mudah digunakan, tak peduli apa pun bahasa dan orientasi budaya pengguna Green Map. Ada kesepakatan umum mengenai arti atau definisi setiap ikon, tetapi para pemeta lokallah yang menentukan secara tepat atau pasti definisi ikon-ikon yang mereka gunakan. Selain paket ikon standard di atas, ada paket ikon untuk pemeta remaja/muda (Youth Green Map) sejumlah 50 ikon.

Penciptaan dan penggunaan sistem ikon ini bukannya tanpa tantangan. Karakter dan tantangan yang muncul adalah bahwa harus ada upaya untuk mencoba menjelaskan atau mengungkapkan sebuah kompleksitas ke dalam sebuah simbol tunggal (berupa ikon). Selain itu, hampir seperti logo, ikon harus bisa dibedakan dan mudah dikenali.

Kategori Ikon-ikon Green Map System

Pada saat ini, 125 ikon Green Map tersebut terbagi dalam 11 kategori, yaitu:
1. Economic Development
2. Culture and Design
3. Information
4. Renewable Resources
5. Infrastructure
6. Nature: Land and Water
7. Nature: Flora
8. Nature: Fauna
9. Mobility
10. Toxic Hot Spot/Pollution Sources
11. Miscellaneous

Ikon Lokal

     

Pemetahijau diizinkan untuk membuat ikon-ikon lokal yang relevan dengan situasi dan kondisi yang ditemui di lapangan jika memang tidak ada set ikon standard global Green Map yang dirasa bisa mewakili fenomena yang dijumpai itu. Ikon-ikon lokal bisa didiskusikan secara online di GMS Forum dan ada kemungkinan kemudian “diadopsi” ke dalam set ikon standard global.

Layanan Ikon Green Map

Poster ikon Green Map bisa didownload gratis dalam 10 bahasa di http://greenmap.org/home/downpost.html; meliputi bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Portugis, Arab, Cina, Polandia, Jepang, Jerman, dan Indonesia.

Ikon-ikon Green Map telah didigitalisasi menjadi sebuah font, sehingga bisa digunakan dalam berbagai jenis software, baik dengan PC maupun Mac. Penggunaan font ikon berhak cipta dan trade mark Green Map System ® diberikan kepada seluruh pemeta hijau yang telah terdaftar, berdasarkan atas persetujuan tertulis.

Sistem ikon Green Map telah berkembang beberapa kali sejak pertama kali digagas pada tahun 1995. Pada tahun 1999 muncul sistem ikon versi 2. Pada tahun 2006 ini dijadwalkan akan diluncurkan sistem ikon versi yang ketiga setelah melalui diskusi online (http://icons.greenmap.org/) atau tatap muka dengan seluruh pegiat Green Map di seluruh dunia sejak pertengahan tahun 2005.

Ditulis dalam +GMS. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Sistem Ikon Green Map”

  1. asmara Says:

    Ada contoh map-nya (penggunaan icon2 itu) gak ya dan dimana pengen ngerti. Kalo bisa sih contoh map yang indonesia, ‘n cara mbaca-nya. dan apa disebutkan juga nama nya. mis ada icon gambar bango (asumsi t4 pemeliharaan hewan) dan di situ ada kebon binatang maka disebutkan nama kebon binatangnya ? gitu kah.
    Makasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: