DWIPEKAN PETA INDONESIA 2006

16 September 2006 s.d 1 Oktober 2006

Pameran dan Lelang 201 item peta historis dan tematik berbagai kawasan dalam wilayah Nusantara (sejak periode Netherland East Indie hingga periode Indonesia), akan dilangsungkan di Jakarta selama 15 hari, 16 September – 1 Oktobre 2006, sebagai rangkaian acara dalam kegiatan DWIPEKAN PETA INDONESIA 2006. Peta  koleksi edisi asli (bukan versi reproduksi baru) yang dicetak handpress dan offset printing pada kertas gulungan berukuran 43x50cm hingga 65×95 cm (sekitar 60 item dicetak pada kertas bertanda air Padalarang atau Gederland). Data survey lapangan dilakukan dengan menggunakan alat-alat ukur terestris atau mekanik-semiotomatik, sementara proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan pemotretan udara dan interpretasi visual. Item peta yang akan dihadirkan dalam pameran ini mencakup koleksi peta-peta historis, serta berbagai peta tematik (berimpresi pendidikan, budaya, sumberdaya alam, ketahanan wilayah, dll.) dari periode pembuatan 1864-1889, 1906-1919, 1926-1937, dan 1942-1946.

Bagian terbesar dari item pameran-lelang adalah koleksi peta dari periode pembuatan 1942-1946, yang dibuat/diterbitkan oleh pihak Army Map Service, U.S. Army dengan sebagian besar berinskripsi“restricted” dan atau “For use by War and Navy Departement Agencies only, not for sale or distribution”. Secara keseluruhan, 201 item peta-peta“unikum” yang dipamerkan terbagi dalam 11 kelompok tematik yakni: peta-peta perbatasan antar-negara, peta pulau-pulau terluar, peta perbatasan antar-propinsi/kabupaten, peta kota-kota utama, peta berimpresi pendidikan, peta berimpresi SDA mineral dan minyak, peta berimpresi SDA kehutanan/pertanian/perkebunan, peta berimpresi etnografi/ budaya/ suku bangsa, peta geologi/ tektonik, peta berimpresi agraria, serta peta historis dan koleksi khusus.

Kegiatan atas kerjasama Institut Tanah Air dan IEMI (Indonesian Education Management Institut) ini, diselenggarakan untuk tujuan: pengenalan dan penguatan apresiasi publik, peluasan kesempatan kepemilikan koleksi, serta mendorong kerjasama antarpihak yang peduli dan atau membutuhkan nilai guna peta-peta historis dan tematik. Acara lain yang juga diselenggarakan dalam rangkaian Dwipekan Peta Indonesia 2006 ini adalah: Pelatihan Dasar Apresiasi Peta, serta acara Sarasehan Guru“Instrumen Peta Dalam Pengajaran Sekolah Dasar”.

Kegiatan Dwipekan Peta Indonesia 2006 merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Filantropi Pendidikan, sekaligus juga menandai pembukaan program PDPI (Pusat Dokumentasi Pendidikan Indonesia), sebuah program rintisan yang dilakukan oleh IEMI mengenai pendokumentasian perjalanan pendidikan di Indonesia.

Komunikasi antarpihak dalam Dwipekan Peta Indonesia 2006 untuk Koordinator Kegiatan adalah: Shakina Mirfa; Kurator Pameran: Muhammad Hidayat Rahz; Pelatihan: Ikke Arriany; Sekretariat: Ardianto Siregar.

Pameran-Lelang dikuratori Muhammad Hidayat Rahz, dan dilangsungkan di gedung IEMI (Indonesian Education Management Institute),
Jl. Utan Kayu Raya No. 20-A Jakarta Timur 13120,
Ph. 021-851 6129, 021-9363 5021. / Fax. 021-858 3536
e-mail : dppi2006@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: