Video Report Project Berkunjung ke Solo

Setelah berhasil memvideokan beberapa kawasan di Yogyakarta dan Gunung Kidul, kali ini giliran Solo yang akan dikunjungi oleh tim video report. Selama dua hari, Sabtu (31/03) – Minggu (01/04), beberapa tempat dan kegiatan menarik di Solo akan coba divideokan.

Sebuah radio komunitas di kompleks Pasar Klewer adalah fenomena yang menarik. Radio yang dalam mengudarakan materi siarannya tidak memakai pemancar, tetapi memakai pengeras suara yang dipasang di beberapa titik pasar, ini menjadi ajang interaksi sosial yang cukup istimewa bagi warga pasar. Lalu, jalur kereta api jurusan Solo (Purwosari – Wonogiri) yang melalui ruas jalan protokol Solo. Bagaimana suasana yang terbentuk di ruas-ruas jalan ramai yang menjadi ruang publik warga ketika sosok tangguh kereta api kelas ekonomi berjalan pelan di antara mereka. Dan masih ada beberapa tempat lagi yang akan coba divideokan.

Tim video report ini merupakan sebuah komunitas terbuka yang bergiat dalam jaringan komunitas Green Map di Yogyakarta. Komunitas ini mengembangkan sebuah metode pemetaan Green Map dengan memakai media audiovisual secara partisipatoris. Proyek video report banyak melibatkan pegiat-pegiat muda dengan latar belakang berbeda yang berperan baik sebagai videomakers maupun sebagai fasilitator lokal kawasan yang akan digarap.

Dalam setiap project video report selalu melibatkan warga lokal atau warga asal tempat tersebut yang akan berperan sebagai fasilitator lokal. Selama ini, kebanyakan yang terlibat adalah mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pihak lain untuk terlibat. Siapa saja yang berminat turut dalam proses pembuatan proyek ini, baik pada proses produksi di lapangan maupun pascaproduksi, silakan kontak kami.

Informasi program lebih lanjut ada di blog Video Report
Kontak:
Anang Saptoto – (0815 7800 9382) / bukuku04@yahoo.com
Pitra Ayu – (0815 7801 8157)
Azzah – (0813 2823 3699)

6 Tanggapan to “Video Report Project Berkunjung ke Solo”

  1. Dewi Says:

    Dear Friends,

    Kalau Solo sendiri ada komunitas Sepeda nggak? Kalo ada yg tahu, kasih tau dunk ………

    Saya ada ide, gimana kalo komunitas tersebut, bisa Solo mengajak komunitas Jogja dan manapun untuk membuat Tour de Solo Raya dengan menjelajahi Solo Raya yang meliputi 7 Kabupaten/Kota (Surakarta/Kota Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri,Sragen, Klaten) melalui sebuah kompetisi. Dimana setiap Kabupaten dijadikan titik etape, guna memperebutkan piala masing2 Bupati di setiap etape.

    JIka ada yg tertarik ide saya, insya Allah saya akan bantu untuk link ke pemkab di 7 Kab.Kota dan EO yang bisa kita gandeng, dan kita bisa mengundang media nasional baik TV maupun media cetak untuk publikasinya. Kemudian bersama2 kita cari sponsor.

    Salam,
    dewi
    dewimusfikasanty@yahoo.com

  2. elanto wijoyono Says:

    Dear Mb Dewi..

    Dari salah satu komentar di blog ini, ada informasi bahwa ada komunitas Bike2Work di Solo. Silakan baca di sini (https://petahijau.wordpress.com/2007/01/16/89/). Tampaknya mereka kebanyakan dari UNS. Ketika kami ke Solo pada Maret lalu memang tampak masih banyak warga Solo yang bersepeda.

    Mengenai rencana tour itu ok juga. Nanti akan aku cari informasi lebih lanjut juga ke temen-temen B2W Yogyakarta. Milisnya di b2w_jogjakarta@yahoogroups.com

    Salam,

    elanto wijoyono

  3. Boz Ker Says:

    Sebarkan virus-virus HL’X dimanapun kita berada…..Whokeyyyyyyy!!!!!!!
    Buat ZHARAF petoran jangan hanya berani dikandang….pisan-pisan ning Manahan po piye!!!!!!

  4. david_a_sagita Says:

    dear all

    ada usulan nih untuk tempat pertemuan nasional green mappers…yakni di semarang…kebetulan ada 1 kelompok penggiat arsitektur yang berminat dan bersedia menjadi tuan rumah yakni kelompok belajar arsitektur & perkotaan “cafestudio” yang bertempat di unika soegijapranata semarang…mungkin usulnya tidak hanya berupa pertemuan rutin saja tapi juga pembuatan greenmap di salah satu spot di semarang jadi biar OK juga…mungkin bisa berjalan dikisaran bulan juni 2008

    david a. sagita

  5. agam Says:

    hai saya juga penggiat video neh. ternyata perkembangan audio visual indo sudah berkembang ya. hanya tinggal proses terbaik nya dan pemasarannya. aja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: