Meretas Jalan Peta Hijau Surabaya

Surabaya akhirnya akan terpetahijaukan, setelah enam tahun Green Map menginjakkan kakinya di Indonesia dan telah menjelajah di beberapa kota di Indonesia. Adalah tim dosen Jurusan Arsitektur Universitas Petra Surabaya yang menggagas proyek itu untuk segera digelar.

100_5591.jpg 100_5602.jpg

Atas inisiatif tim dosen arsitektur yang dipunggawai oleh Ibu Lilianny Sigit Arifin, sebuah workshop Green Map digelar di kampus Petra pada Jumat (11/05) lalu. Tiga orang pemeta hijau dari Jakarta dan Yogyakarta diundang untuk memberikan materi workshop yang digelar bagi sedikitnya 80 mahasiswa mata kuliah Arsitektur Perkotaan dan Teori Arsitektur. Workshop ini digelar dengan tujuan agar para mahasiswa bisa mengetahui seluk beluk konsep Green Map dan proses green mapmaking. Beberapa mahasiswa dari Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya juga hadir dalam acara ini.

Jadwal kelas pertama diisi oleh Marco Kusumawijaya. Ketua Dewan Kesenian Jakarta yang pada hari sebelumnya sudah memberikan kuliah umum di tempat yang sama ini memberikan pengantar mengenai konsep kehidupan hijau kepada para mahasiswa. Sesi selanjutnya diisi oleh Elanto Wijoyono, pemeta hijau Yogyakarta yang saat ini mengoordinasikan gerakan Peta Hijau Indonesia. Pada sesi ini diuraikan mengenai konsep Green Map dan tahap-tahap proses pembuatan Green Map. Sesi ketiga diisi oleh Anang Saptoto, pegiat Peta Hijau Yogyakarta, dengan presentasi video report project. Di sini dia menguraikan strategi eksplorasi media dalam proses pemetaan, dalam hal ini penggunaan media rekam video secara partisipatoris.

100_5612.jpg

Peta Hijau untuk Surabaya

Seusai istirahat, workshop dilanjutkan dengan peserta tim dosen arsitektur saja di ruang rapat. Diskusi mengenai rencana pemetahijauan wilayah Surabaya oleh tim Petra diuraikan di sini, dipimpin oleh Ibu Lilianny. Diskusi kemudian mengerucut pada mencari potensi kemungkinan yang lebih tepat untuk menerapkan peta hijau untuk kawasan Surabaya secara menyeluruh atau untuk kawasan tertentu di Surabaya saja. Jika kawasan yang dipetakan hanya kawasan kecil, ada beberapa kawasan yang diproyeksikan akan menjadi kawasan sasaran, salah satunya kawasan permukiman nelayan di Pantai Kenjeran.

Workshop kemudian ditutup dengan berkeliling beberapa kawasan di Surabaya, termasuk kawasan Pantai Kenjeran. Survei ini dimaksudkan sebagai obeservasi penjajagan atas potensi beberapa kawasan yang bisa dipetahijaukan.

Proyek Universitas

Rencana pembuatan peta hijau untuk Surabaya ini diancangkan sebagai sebuah proyek universitas. Jurusan Arsitektur Universitas Petra Surabaya mengambil inisiatif ini dengan melibatkan mahasiswa arsitektur dari dua kelas mata kuliah di atas. Proses pemetaan direncanakan akan dilangsungkan dalam dua bulan ini. Selama proses tersebut berjalan, segala bantuan dan dukungan dari pemeta hijau lain kepada tim pemeta baru ini akan menjadi sebuah hal yang benar-benar dinantikan. Proses ini akan mendapatkan dampingan langsung dari tim Green Map Indonesia Hub (Peta Hijau).

Kontak

Tim Peta Hijau Petra Surabaya
Lilianny Sigit Arifin (lili@peter.petra.ac.id)
Rully Damayanti (rully@petra.ac.id)

Tim Fasilitator PETA HIJAU
Marco Kusumawijaya (marcokw@centrin.net.id)
Elanto Wijoyono (petahijau@yahoo.co.id, joeyakarta@yahoo.com)
Anang Saptoto (bukuku04@yahoo.com)

Satu Tanggapan to “Meretas Jalan Peta Hijau Surabaya”

  1. Menggali Makna Keterwakilan Komunitas « tak beranjak mencari celah ke langit Says:

    […] komunitas? Pertanyaan sederhana, tetapi cukup mendasar ini muncul dari seorang mahasiswa peserta workshop Green Map di Jurusan Arsitektur Kampus Petra Surabaya, Jumat (11/05) lalu. Pertanyaan ini muncul menanggapi penjelasan mengenai salah satu tahap dalam […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: