Benteng Banjir Sepeda

Hmm.. sebenarnya agak hiperbolis, sih. Namun, memang minggu terakhir Juni kemarin jadi ajang berkumpulnya beberapa komunitas sepeda Yogyakarta di venue Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XIX 2007. Harapannya setiap komunitas yang diundang oleh Greenmaper Jogja untuk mengisi workshop (ber)sepeda akan bisa meramaikan gelaran ini. Namun, tidak semua komunitas bisa membawa penuh seluruh bala pasukannya.

minggu bersepeda

Walaupun begitu, workshop sepeda tetap berjalan sesuai rencana. Teman-teman komunitas Bike to Work (B2W) Chapter Yogyakarta memulai irama minggu sepeda ini dengan melakukan pembagian leaflet di depan Museum Benteng Vredeburg pada hari Minggu, 24 Juni 2007 pagi. pada pk 10.00 kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai menggalakkan kegiatan bersepeda ke tempat kerja atau sekolah. Walaupun hanya berlangsung dalam kelompok kecil, tetapi diskusi ini cukup memberikan dampak wawasan bersepeda dan semangat untuk mengayuh pedal kembali pada beberapa peserta diskusi.

b2w 1 b2w 2

b2w 3 b2w 4

Siang itu juga, pada hari yang sama, pegiat Jogja Onthel Community (JOC) hadir ke FKY untuk menggelar pameran sepeda klasik dan workshop sepeda onthel. Puluhan sepeda klasik yang rata-rata sudah berusia puluhan tahun itu dijejerkan rapi di halaman dalam Benteng Vredeburg. Di selasar Gedung Diorama digelar workshop sepeda onthel. Beberapa pegiat JOC melakukan presentasi profil beberapa sepeda onthel kepada para peserta workshop. Sekitar 20 orang peserta workshop, sebagian besar adalah pegiat JOC, cukup antusias dengan presentasi yang diberikan.

joc 1 joc 2

joc 3 joc 4

Menutup hari minggu itu kemudian diadakan pawai sepeda keliling beberapa tempat di kota Yogyakarta. Rencananya, pawai ini akan diikuti oleh seluruh komunitas sepeda yang diundang pada hari itu, termasuk B2W dan JOC. Namun, sayang, hanya tim Green Map yang akhirnya jadi bersepeda bersama. Walopun cuma bersedikit saja, pit-pitan bareng itu tetep gayeng dan ditutup dengan jajan siomay di Kotabaru.. yummy.

pit2an 1 pit2an 2

pit2an 3

Selang beberapa hari kemudian, pada Sabtu, 30 Juni 2007 giliran Paguyuban Onthel Djokdja (Podjok) yang menggelar workshop. Malam minggu itu berkumpul puluhan penggenjot sepeda onthel di halaman dalam Benteng Vredeburg. Mereka berbagi sedikit cerita mengenai kegiatan Podjok dan memutar beberapa video kegiatan Podjok setahun terakhir. Walaupun agak gelap dan diselimuti mendung, cukup banyak pengunjung FKY yang tertarik untuk sekedar melihat sepeda-sepeda klasik yang dijejerkan rapi. Di sebelah depan, beberapa pegiat Podjok sibuk menawarkan souvenir yang dijajakan dengan sepeda onthel, alias kios “onthel” berjalan.

podjok 1 podjok 2

podjok 3

podjok 4 podjok 5

Yup, minggu kemarin cukup berwarna sepeda. Rencananya selama seminggu itu juga akan digelar dummy Peta Hijau Sahabat Sepeda yang sudah digarap sejak awal tahun ini. Namun, hal itu urung dilakukan karena dummynya belum sepenuhnya siap.

Dari sepeda untuk lingkungan

Workshop-workshop sepeda yang digelar ini secara umum memang bertujuan untuk memperkenalkan kepada para pengunjung FKY komunitas-komunitas sepeda yang ada di Yogyakarta. Dari kehadiran mereka, diharapkan masyarakat yang hadir bisa punya semangat kembali untuk kembali bersepeda. Ya, minimal itu, kembali bersepeda… sehingga bisa mengurangi beban jalan raya yang semakin penuh dengan kendaraan bermotor, mengurangi polusi juga tentunya. Dari komunitas-komunitas sepeda itu pula kita bisa menyaksikan bahwa bersepeda itu tidak harus dengan sepeda baru. Sepeda biasa dan lama pun tetap bisa digunakan. Bahkan, makin tua sepeda, nilainya bisa semakin tinggi. Buktinya adalah sepeda-sepeda onthel klasik yang nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi, jika kita sudah punya sepeda, mengapa kita tidak merawat sepeda kita. Selama masih bisa dipakai, itu tetap sepeda, kan?

sepeda gm

Yup, munculnya semangat untuk menggunakan kembali sepeda sebagai alat transportasi, dengan sepeda apa pun, itulah yang diharapkan menjadi keluaran dari kegiatan ini. Memang dengan keterbatasan waktu dan sumberdaya, beberapa workshop yang diharapkan muncul dan bisa lebih memberikan contoh praktis tidak bisa dilakukan, seperti workshop pemeliharaan sepeda sehari-hari dan sejenisnya. Diharapkan, ke depan, workshop-workshop sepeda bermuatan praktis itu bisa digelar pula.

Elanto Wijoyono
pesepeda di Yogyakarta

Ditulis dalam Yogyakarta. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Benteng Banjir Sepeda”

  1. madureso Says:

    Sepadanya boleh juga tuh. cara sehat sampai tujuan

  2. Inu Arya A Says:

    Hobby baru keluarga kami sekarang ya Naik Sepeda ..
    Ngonthel bareng anak istri nikmatnya luar biasa … Kita cari suasana baru ..

    Mantap euy ..

    Regards

    Inu Arya A
    http://www.butik-ceria.com
    Butik Sprei Online

  3. lifestyle Says:

    wah event kesukaan saya tuh mas…

  4. tetembak Says:

    semangat dalam upaya penghijauan ya mas

  5. halobayi.com Says:

    di jakarta sekarang juga sering diadakan kegiatan seperti ini

    halobayi.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: